Tempat Wisata Solo – Bagi sejumlah orang, senin menjadi hari yang berat. Kembali ke rutinitas bekerja selepas libur weekend, ditambah jalanan yang padat tentu membuat hari Senin tidak membahagiakan. Rutinitas seperti ini tentu juga membuat jenuh. Jika sudah jenuh, itu artinya kamu butuh sejenak beristirahat dengan cara berlibur. Percayalah liburan sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Ya, liburan semacam terapi alami untuk membuat pikiran dan tubuh segar kembali. Lepas dari deadline pekerjaan, padatnya lalu lintas, serta rutinitas harian menjadikan moment liburan terasa begitu membahagiakan. Bukan hanya itu, liburan juga terbukti mampu menurunkan kadar stress serta mampu meningkatkan sistem imunitas.

Peneliti dari University of California membuktikan bahwa meluangkan waktu untuk berlibur setidaknya 6 hari mampu meminimalisir risiko demensia dan depresi. Dalam tubuh seseorang yang meluangkan waktu untuk berlibur terjadi perubahan setidaknya 20.000 gen yang mampu menurunkan kadar stres dan meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, dengan berlibur seseorang bisa merasa damai dan sejahtera hingga beberapa bulan.

Betapa pentingnya liburan, khususnya bagi kamu yang memang kerap ditindih jenuh dan stress karena deadline pekerjaan. Cobalah untuk mengambil cuti, lalu berliburlah. Indonesia memiliki banyak tempat asik dan seru untuk kamu jadikan destinasi liburan. Solo, salah satunya.

Solo; Menawarkan Pesona Wisata yang Sungguh Memesona


Ya, Solo. Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini dikenal sebagai kota Budaya. Solo dikenal juga dengan nama Surakarta. Bukan hanya kental akan budaya dan tradisinya, Solo juga menawarkan pesona wisata yang sungguh memesona, pun kulinernya juga begitu menggugah selera dan murah meriah, warganya juga sangat ramah-ramah. Memilih Solo sebagai destinasi liburan tentunya menjadi pilihan yang tepat.

Buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di Solo, ada beragam objek wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti; Keraton Kasunanan Surakarta, Taman Sriwedari, Tugu Lilin, Pura Mangkunegaran, Taman Balekambang dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : Berikut 6 Tempat Wisata Malang dengan Pemandangan Alam yang Menawan

Nah, untuk objek wisata lainnya ada apa saja? Penasaran? Berikut ini daftar tempat wisata Solo yang hits selain Keraton Kasunanan Surakarta, Taman Sriwedari, Tugu Lilin, Pura Mangkunegaran dan Taman Balekambang. Dijamin moment liburan kamu makin seru, asik dan tak terlupakan. Mari kita simak daftar wisatanya di bawah ini.

1. Kebun Binatang Turu Jurug

tempat wisata solo
foto by @jurugsolozoo

Kebun Binatang Tiru Jurug atau Jurug Solo Zoo ini tempat wisata Solo yang menghadirkan beragam satwa. Berdiri di lahan seluas 14 H dihiasi rimbun pepohonan, setidaknya terdapat 331 satwa bisa kamu jumpai disini. Disini juga terdapat beragam jenis flora dan sejumlah wahana menarik. Tempat ini bukan hanya sekedar tempat rekreasi, tapi juga menadi tempat wisata edukasi dan konservasi.

Kebun Binatang Turu Jurug ini memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan kebun binatang lainnya, seperti koleksi beragam flora dan fauna, area bermain, tempat kuliner, tempat ibadah, tempat istirahat, kamar mandi atau toilet, area pemancingan, taman pelangi atau taman lampion, taman air mancur, kereta mini, tempat sampah, area parkir yang luas dan sejumlah fasilitas lainnya.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Kebun Binatang Turu Jurug, lokasinya bersebelah dengan aliran Sungai bengawan Solo dan berdekatan dengan UNS (Universitas Sebelas Maret), tepatnya di Jl. Ir. Sutami No. 40, Desa Kentingan, Kec. Jebres, Kab. Surakarta, Jawa Tengah, atau sekitar 10 KM dari pusat Kota Solo.

Tiket masuk objek wisata ini terbilang murah yaitu Rp6.000 untuk hari biasa dan Rp7.000 untuk akhir pekan. Buat yang ingin menaiki kereta mini, menunggang gajah dan masuk kawasan taman Pelangi maka akan dikenai biaya tambahan lagi. Objek wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga; tempat nyaman untuk mengajarkan pada anak-anak tentang beragam jenis flora dan satwa.

2. Pandawa Water World

tempat wisata solo
foto by @uria_aerial

Buat kamu yang ingin berenang atau seru-seruan di air, kamu bisa meluncur ke Pandawa Water World. Tempat wisata yang diresmikan dari tahun 2007 silam ini sudah menarik banyak wisatawan diawal kemunculannya. Bukan hanya menghadirkan kolam renang, disini tersedia beragam wahana air.

Tempat wisata di Solo ini juga terbilang lengkap fasilitasnya. Adapun beberapa fasilitas atau wahana disini yaitu: kolam renang, Black Hole Slide, Bima Slide, Raft Slide, Volcanic Pond, Earth Shower, dan Kresna Wave Pool. Tersedia juga wahana Toddler Pool dan Kunti Children untuk anak-anak.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Bandung yang Instabramable nan Kekinian, Yuk Agendakan!

Selain fasilitas seperti yang sudah disebutkan diatas, ada juga fasilitas umum lainnya yaitu seperti: loker pengunjung, persewaan ban, tempat ibadah, ruang kesehatan, area parkir, kamar mandi, ruang ganti, tempat sampah, tempat istirahat, tempat kuliner, arena olahraga, dan lainnya.

Pandawa Water World berada di kawasan komplek Pandawa, tepatnya di Kompleks Pandawa, Jln. Cemara Raya Solo Baru-Sukoharjo atau memakan waktu tempuh sekitar 5 menit dari kawasan pusat kota Solo. Tiket masuknya Rp 80.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Jam kunjung dari pukul 12 siang hingga 6 sore untuk hari biasa. Sementara untukmu akhir pekan dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.

3. Agrowisata Sondokoro

tempat wisata solo
foto by @karanganyarkita

Tempat Wisata Solo berikutnya yang juga patut untuk kamu kunjungi yaitu Agrowisata Sondokoro. Tempat ini merupakan pabrik gula yang menjelma agrowisata yang sarat akan sejarah. Bukan hanya sekedar pabrik gula, disini juga tersedia spot-spot ciamik yang asik buat diajak foto.

Fasilitas menarik yang bisa kamu jumpai disini yaitu; kereta uap yang akan membawa berkeliling kawasan pabrik, arena plying fox, arena futsal mini, terapi kolam ikan, taman lalu lintas, area mandi bola, jaring laba-laba, panjat dinding, rumah pohon, giling air cerdas, akuarium air tawar, area jalan refleksi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain fasilitas seperti yang sudah disebutkan di atas, ada juga fasilitas umum lainnya seperti area kuliner, tempat ibadah, area parkir, toilet atau kamar mandi, tempat Sampah, tempat istirahat, dan lain sebagainya. Tempat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai spot prewedding.

Agrowisata Sondokoro ini memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Solo, tepatnya di Jl. Mangkunegaran Bojonegara, Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Tiket masuk menuju objek wisata ini relatif terjangkau yaitu Rp.5000 per orang. Jam kunjung dari pukul 08.00 hingga 14.30 untuk hari biasa dan pukul 08.00 hingga pukul 17.00 untuk akhir pekan.

4. Ngarsopuro Night Market

tempat wisata solo
foto by @julitavita

Kamu seorang pecandu kuliner? Itu artinya kamu wajib mampir dan icip-icip beragam kuliner menggugah selera di Ngarsopuro Night Market saat belibur ke Solo. Ya, disini, kamu akan menemukan aneka macam kuliner dari yang legendaris hingga modern, dari yang tradisional hingga kekinian. Harga yang ditawarkan pun relatif aman di kantong.

Selain menawarkan beragam kuliner, di tempat ini juga tersedia beragam pernak-pernik atau souvenir khas Solo yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang-orang terdekat kamu. Ngarsopuro Night Market bisa dikatakan sebagai Malioboro-nya Solo.

Jika tertarik berkunjung kesini, kamu bisa langsung meluncur ke Jl. Diponegoro, Desa Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam kunjungnya dari pukul 5 sore hingga pukul 11 malam setiap sabtu malam atau malam Minggu.

5. Museum Sangiran

Tempat wisata solo
foto by @apakabarsragen

Museum Sangiran ini merupakan museum purbakala paling lengkap se-Indonesia, bahkan Asia. Setidaknya ada 13.809 fosil atau peninggalan zaman dinosaurus bisa kamu jumpai di museum ini. Museum ini salah satu tempat wisata Solo yang tidak boleh sampai terlewat dalam daftar destinasi liburan kamu.

Selain menghadirkan beragam situs purbakala, museum ini juga dimanfaatkan sebagai tempat mempelajari masa pra sejarah dari berbagai macam bidang ilmu, seperti; bidang antropologi, bidang paleontroplogi, bidang arkeologi, bidang geologi, bidang biologi dan bidang kepariwisataan.

Buat kamu yang ingin berkunjung kesini, lokasinya berada di sekitar 17 kilo meter dari pusat Kota Solo, tepatnya di kawasan Kebayanan II, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Meski masuk kawasan Sragen, namun objek wisata ini bisa kamu masukan dalam daftar liburan kamu di Solo.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Tangerang yang Hits dan Seru

Tiket masuk museum Sangiran sangat murah yaitu untuk wisatawan lokal Rp3.500 per orang dan untuk wisatawan asing Rp 7.500 per orang. Jam kunjungnya dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore, hari Senin tutup.

Jika kamu ada rencana untuk berlibur, pastikan 5 tempat wisata Solo yang sudah disebutkan diatas masuk dalam list destinasi liburan kamu. Jangan lupa ajak serta partner trip kamu agar moment liburan kamu makin asik, seru dan tidak terlupakan. Selamat liburan dan tetaplah jaga kebersihan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website ini dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Wizata.id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.